Cara Cek Validasi Template di W3C

Cara Cek Validasi Template di W3C

Cara Cek Validasi Template di W3C - Template yang valid merupakan pertimbangan yang penting untuk kita lakukan pada template blog kita untuk memudahkan proses crawl oleh spider bot pada blog kita. Validitas tersebut diatur sedemikian rupa agar mudah dipahami oleh mesin atau bot dalam membaca runtutan kode dalam blog kita dan tentunya validitas ini didukung dengan kemudahan manusia juga dalam memahami makna markup kode tersebut yang berkala ditingkatkan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dan mudah tentunya.

Kita sering mendapati template yang berbayar maupun gratis yang mungkin karena sedikit kesilapan atau template lama yang tidak sesuai lagi dengan aturan baru dalam markup HTML terkini.

Jadi untuk mendapatkan hasil maksimal penting bagi kita untuk mengeceknya dan melakukan perbaikan seperlunya agar menghasilkan template yang lebih baik dan nyaman diterjemah oleh mesin maupun manusia.


Nah, untuk memulai misi validitasi template blog kita, silakan ikuti petunjuk berikut ini.


Markup Validation

Untuk mengecek valid atau tidaknya sebuah kode html, kita bisa mempergunakan Markup validation Tool yang disediakan oleh W3C.

Caranya kita cukup mencentang semua opsi penting seperti Clean up Markup with HTML-Tidy yang berfungsi sebagai contoh saran kode untuk mengganti kode template blog yang mengalami error html dalam pengecekan tersebut agar menjadi valid.

Ketika kita menemukan saran yang lebih sesuai dari hasil pengecekan tersebut, kita dapat segera memperbaikinya untuk kemudian kita cek lagi apakah sudah valid atau belum. Sebelum kita mengedit template blog kita ada baiknya kita back up dulu dengan mendownload template kita untuk cadangan bila terjadi kesalahan yang mengakibatkan template kita semakin error.


Silakan menuju ke http://validator.w3.org/ untuk mencobanya.


CSS Validation

Untuk memberi kesan tersendiri dan desain blog kita tentunya menggunakan CSS. CSS ini sendiri juga tidak terhindar dari error sehingga mengurangi validitas template kita dalam format kode CSS terkini. Ini juga mempengaruhi perayapan terhadap template kita. Untuk memudahkan proses tersebut, maka penting juga kita melakukan validasi dan perbaikan jika terdapat error pada CSS template kita.

Silakan lakukan CSS Validation melalui http://jigsaw.w3.org/css-validator/.



Selain Validasi terhadap HTML dan CSS, kita dapat juga melakukan beberapa validasi lainnya pada tool-tool yang tersedia di W3C Validation tersebut seperti validasi untuk feed dan versi mobile dari blog atau situs kita.

Untuk melakukan validasi terhadap feed blog kita dapat melakukannya di http://validator.w3.org/feed/

dan untuk blog versi mobile bisa kita lakukan di http://validator.w3.org/mobile/


Selamat mencoba


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
miminSiDingin
AUTHOR
6:51 AM delete

arlina design templatenya bagus-bagus :) makasih ya sudah memberikan versi gratis... salam www.inikicau.blogspot.com

Reply
avatar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
ConversionConversion EmoticonEmoticon